Skip to content

Kalau Boleh Dianggap Cermin : Desain

14 Agustus 2008
Desain BlogKarena didepan cermin, bisa jadi kita tertawa-tawa sendiri, atau jadi bersyukur akan eloknya paras kita kemudian berdoa supaya di elokkan pula hati kita, atau malah mengutuk satu jerawat yang sebenarnya tidak terlalu bermasalah🙂. Apa yang akan kita telaah ini hanya satu dari sekian contoh survei yang dilakukan oleh smashingmagazine.com pada tanggal 24 Juli lalu, khususnya dalam menilai desain blog-blog besar, atau blog popular saja. Beberapa hari yang lalu tulisan tersebut saya baca, kemudian ingin rasanya saya sampaikan lagi pada kawan-kawan tentu dengan kapasitas dan segala kekurangan saya. Kalau boleh mengingatkan, ini sama sekali bukan sebagai parameter mana yang benar dan salah, mana desain yang bagus atau desain yang tidak bagus. Karena jika berbicara permasalahan desain terutama pada desain blog atau situs, maka kita akan lagi-lagi terbentur dengan persoalan selera dan juga konten atau isi blog tersebut. Ada baiknya jika desain untuk blog kawan-kawan terpadu dengan tujuan lain yang sedang ingin dicapai, misalnya kemudahan kita membaca tulisan, atau variabel lain yang rasanya akan semakin terdukung dengan desain yang baik pula. Tidak seluruhnya saya bawakan, maka lagi-lagi saya ingin kawan-kawan menjadikan tulisan saya ini sebagai prioritas paling akhir dari referensi mengenai desain terbaik untuk blog kawan-kawan yang mungkin akan jauh lebih baik.

Sample yang digunakan adalah 50 blog dari “Technorati’s Top 100“. Melihat bagaimana pengambilan sample yang dilakukan oleh smashingmagazine.com ini, kita kemudian akan semakin menyadari bahwa hasil survei yang dilakukan tidaklah selalu berarti yang terbaik. Untuk itulah kenapa saya beri judul, “Kalau Boleh Dianggap Cermin : Desain”. Silahkan disikapi saja dengan apa yang terlintas, tapi lagi-lagi harus ditanamkan sejak awal, bahwa ini bukan berarti adalah desain terbaik, semuanya kembali pada kita masing-masing. Karena tidak sedikit saya mendengar beberapa kawan-kawan yang sudah “kadung nya’ah”, “kadung tresno”, “jatuh cinta”, katanya, pada templates yang sedang digunakan. Jika masih ingat dengan kuis televisi asal luar negeri “Family Feud” yang pernah diadaptasi di Indonesia, maka mungkin bisa ambil tulisan ini sebagai ‘kesenangan’ semacam itu saja.

Untuk yang menggunakan Blogger atau Blogspot, tentu mudah jika ingin sekedar ‘mencomot’ satu atau dua poin yang Blog-blog ini gunakan. Untuk yang menggunakan WordPress (.com), mungkin ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih-milih template yang akan digunakan, dari templates yang sudah disediakan.

1. Layout
Berbicara tentang desain blog atau situs sekalipun, maka tidak akan terlepas jauh dari bagaimana kita mengelola layout atau tata letak, yang jika kawan-kawan menggunakan Blogger atau WordPress(.Org) sebagai mesin blog, maka akan mudah kita melakukan modifikasi. Apakah menggunakan 2 kolom atau 3 kolom-lebih? Apakah diletakkan ditengah atau rapat kiri? Menggunakan fixed-layout atau mungkin fluid-layout?.

1.1. Jumlah kolom yang digunakan dalam templates.Layout 3 Kolom
Jika bicara berapa banyak kolom yang digunakan, maka akan kembali pada permasalahan filosofis, atau masalah ‘selera’ yang saya sebut diatas tadi. Jadi mungkin, berapa banyak jumlah kolom akan sangat bergantung dengan bagaimana isi dan apa saja yang ingin disajikan. Penggunaan layout dengan desain 2 kolom, dari hasil pengalaman sendiri akan memberi kontribusi konsentrasi yang besar terhadap isi posting itu sendiri, bukan pada “pernak-pernik” yang disematkan pada sidebar. Tapi sebaliknya, juga terkadang menyulitkan jika memang “pernak-pernik” itu sangat dibutuhkan.

  • 58% menggunakan layout 3 kolom atau lebih
    (TalkingPointsMemo, CopyBlogger, Mashable, Lifehacker),
  • 42% menggunakan layout 2 kolom
    (Zen Habits, GigaOM, Google Blog, Seth Godin, Boing Boing).

1.2. Margin atau jarak tepi. Ditengah atau Rapat-Kiri ?
Karena semakin banyak pengguna internet yang menggunakan resolusi tinggi untuk komputernya, maka memposisikan kolom-kolom layout yang seimbang antara margin atau jarak tepi kanan dan kiri menjadi pilihan yang lebih sering digunakan.

  • 94% dari blog-blog ini menggunakan centered-layout.

1.3. Fixed atau Fluid (elastis/flexibel)
Mungkin ini yang cukup aneh khususnya untuk saya, karena ternyata dominasi fixed layout cukup tinggi, dibanding layout yang elastis atau mengikuti lebar browser yang digunakan.

  • 92% blog menggunakan fixed-layout,
  • 8% menggunakan fluid layout atau paduan antara fixed-layout dengan elemen halaman fluid-layout.
    (Engadget, Smashing Magazine, Gigazine, Coorks dan Liars).

1.4. Lebar layout (fixed)
Jika memang layout tidak flexibel lebih banyak digunakan, maka selebar apa yang digunakan blog-blog ini. Jelas ini adalah sebuah pertimbangan yang harus dipikirkan baik-baik. Memang benar, bahwasannya penggunaan layar monitor ber-resolusi tinggi sudah kian banyak digunakan. Tapi sampai sebesar apa?

  • 56% berlebar 951 – 1000px
    (ars technica, Lifehacker, TechCrunch, ProBlogger, A List Apart, TMZ, Wired, GigaOM, Joystiq, Zenhabis, Copyblogger, Consumerist, Slashfilm),
  • 20% berlebar 901 – 950px
    (Huffington Post, BoingBoing, TreeHugger, Dooce, Blogoscoped, SearchEngineLand),
  • 15% berlebar 801 – 900px
    (Neatorama, Kottke, DailyKos, Perezhilton, TUAW, Yanko Design, Scobleizer),
  • 9% berlebar ≤ 800px
    (PostSecret, Seth Godin, Google Blog, BeppeGrillo.it).

1.5. Perbandingan luas area ISI posting dengan lebar keseluruhan. (fixed-layout)
Perbandingan Margin pada Desain BlogSeberapa banyak lahan yang kita gunakan untuk isi posting atau isi utama blog kita?. Tentu secara kasar, kita akan menjawab tentu isi posting harus lebih di dominasikan ketimbang yang lainnya, misalnya sidebar. Kita ambil sebuah contoh blog yang terlihat pada gambar disamping kanan ini. Boingboing.net menggunakan 550px dari keseluruhan lebar layout 870px. Ini berarti prosentase isi terhadap lebar layout, perbandingan antara isi posting dengan sisanya adalah sampai dengan 63%. Memang akan agak aneh sekaligus mengganggu jika memaksakan kombinasi terbalik. Salah-salah malah mungkin pembaca tidak sanggup mengerti dimana letak isi yang sebenarnya. Atau jika memang ingin melakukan kombinasi, maka ada baiknya tetap ada satu posting yang lebih ditonjolkan dari isi lain. Mengabaikan kenyamanan pembaca (-dalam hal desain), tentu juga akan juga serta merta menurunkan nilai estetikanya.

  • 96% menghabiskan lebih dari setengah (50%) lebar keseluruhan untuk isi posting.

    (kecuali: CopyBlogger (48%), SlashFilm (48%),

  • 54% menghabiskan 50 – 60% lebar layout untuk isi posting.
    (Mashable, Lifehacker, Kottke, Blogoscoped, A List Apart, BoingBoing, DailyKos, TreeHugger, Scobleizer, Problogger, TUAW, bits.blogs.nytimes.com)
  • 46% menghabiskan 60 – 70% lebar layout untuk isi posting.
    (ars technica, TechCrunch, GigaOM, Dooce, Zenhabits, CNN Political Ticker, CrunchGear)
  • maka nilai rata-ratanya adalah 58% dari keseluruhan lebar layout dipergunakan untuk isi posting oleh blog-blog ini.

2. Tipografi
Setelah layout, kita akan beranjak pada sudut pandang tipografi sebuah desain blog. Sebuah sudut pandang memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada keseluruhan ruang layout, sehingga menciptakan kesan tertentu yang membantu menolong pembaca tentu masih dalam kerangka kenyamanan pembacaan.

2.1. Pengaturan kombinasi tema warna
Apakah “hitam diatas putih”, ataukah sebaliknya. Sebagai analisis tambahan, pernah mybloop.com menggunakan layout berlatar gelap. Pada suatu waktu, saya yang juga ikut ‘numpang’ file disana “dihadiahi” layout baru dari mybloop. Penjelasan mereka, “Supaya tampak lebih profesional, dibanding dengan latar gelap (hitam)”. Entah sejauh mana kebenaran pendapat itu, tapi terlihat juga dari yang terjadi pada blog-blog yang sedang kita amati ini.

  • 98% dari top-blog ini menggunakan teks gelap diatas latar putih atau terang.

Hanya postsecret.blogspot.com yang menggunakan kombinasi sebaliknya. Tapi lagi-lagi saya katakan, itu tidak berpengaruh meninjau topik yang dibawakan oleh postsecret juga saling bersesuaian dengan kombinasi wana seperti ini.

2.2. Banyaknya karakter huruf per-baris.
Untuk menjaminkan kenyamanan pembacaan, tentu banyaknya karakter dalam satu baris pada posting, juga cukup penting jika diperhatikan. Tentu kenikmatan membaca tulisan dengan jumlah karakter (termasuk spasi, titik, koma, dan sebagainya) yang terlalu banyak dalam satu barisnya, akan lebih merepotkan dibanding dengan yang lebih sedikit. Tapi terlalu pendek, juga akan menyebabkan tulisan terus terlalu ‘menjulur’ ke bawah, yang bisa jadi akan membuat pembacaan menjadi lebih merepotkan.

Dalam melakukan penghitungan jumlah karakter, smashing magazine menggunakan seting standar browser yang disertakan pada style-sheet masing-masing blog. Dan hasil yang didapat adalah sebagai berikut.

  • 10% menggunakan 65-74 karakter per-baris
    (PostSecret, Beppegrillo, Perez Hilton, Scobleizer, Blogoscoped),
  • 18% menggunakan 75-84 karakter per-baris
    (Dooce, Blogs.nytimes.com, Joystiq, CopyBlogger, TUAW, Slashfilm),
  • 34% menggunakan 85-94 karakter per-baris
    (Lifehacker, Huffington Post, Kottke, ars Technica, Huffington Post, BoingBoing, Seth Godin, Treehugger, Problogger),
  • 18% menggunakan 95-104 karakter per-baris
    (Mashable, ReadWriteWeb, Smashing Magazine, Google Blog, A List Apart, Search Engine Land),
  • 16% menggunakan lebih dari 105 karakter per-baris
    (Engadget, TechCrunch, GigaOM, Wired, TMZ).

Dan yang cukup menarik. Tidak satupun blog-blog tersebut menggunakan justified text-alignment (seperti blog saya ini :p ), 100% blog menggunakan left text-alignment atau teks rapat kiri.

2.3. Font pada body-text dan ukurannya
Keterbatasan font standar terutama ketika sebuah tulisan harus online, juga akan membuat pilihan pemakaian font akan cukup sempit. Bagaimana dengan top 50 kita ini?.

  • 34% menggunakan Verdana (sans-serif) untuk body-text
    (A List Apart, Kottke, TUAW, CopyBlogger, Dooce, ars technica, TechCrunch, Smashing Magazine),
  • 24% menggunakan Lucida Grande (sans-serif, included with Mac OS X)
    (Zenhabits, Mashable, Lifehacker, CrunchGear, Thinkprogress),
  • 18% menggunakan Arial (sans-serif)
    (ReadWriteWeb, Engadget, Google Blog, CNN Political Ticker),
  • 14% menggunakan Georgia (serif)
    (Scobleizer, GigaOM, Wired, BoingBoing, Huffington Post),
  • 6% menggunakan Trebuchet MS (sans-serif)
    (Andrew Sullivan, Seth Godin, Postsecret),
  • Helvetica Neue (ProBlogger) dan Times New Roman (TPM) hanya digunakan oleh kedua blog ini.

Sedang untuk ukuran (bila menggunakan satuan ’em’ maka dikonversi kemudian dibulatkan).

  • 34% blog menggunakan 12px
    (SearchEngineLand, TUAW, Mashable, ars technica, Engadget, Smashing, DoshDosh, TreeHugger),
  • 30% blog menggunakan 13px
    (Consumerist, CopyBlogger, Zenhabits, Valleywag, Lifehacker, Huffington Post, BoingBoing, Seth Godin, Google Blog),
  • 14% blog menggunakan 14px
    (TPM, GigaOM, Wired, ReadWriteWeb, Gigazine, ProBlogger),
  • 12% blog menggunakan 11px
    (A List Apart, Kottke, Neatorama, Dooce, TechCrunch, Dailykos),
  • 4% blog menggunakan 15px
    (Scobleizer),
  • sisanya menggunakan ukuran 10px, 16px dan 17px.

2.4. Font pada Headline-text atau Judul Posting dan ukurannya
Terakhir akan kita tinjau ukuran dan font apa yang banyak digunakan oleh blog-blog top ini untuk menghias judul tulisan di blog mereka.

  • 30% blog menggunakan Arial (sans-serif)
    (CNN Political Ticker, Scobleizer, TPM, Crooksandlliars, Joystiq, Dooce, PerezHilton, ReadWriteWeb, Engadget, Google Blog, TreeHugger),
  • 22% menggunakan Georgia (serif)
    (A List Apart, Andrew Sullivan, Blogs.nytimes.com, GigaOM, Wired, Huffington Post, BoingBoing),
  • 8% menggunakan Lucida Grande (sans-serif)
    (Tuaw, ThinkProgress, Lifehacker, Crunchgear),
  • 8% menggunakan Helvetica (sans-serif)
    (Zenhabits, Mashable, ars technica, Smashing Magazine),
  • 6% menggunakan Verdana (sans-serif)
    (Blogoscoped, Neatorama, DailyKos),
  • 6% menggunakan Trebuchet MS (sans-serif)
    (Slashfilm, Postsecret, Seth Godin),
  • 4% menggunakan Helvetica Neue (sans-serif)
    (CopyBlogger, ProBlogger),
  • Sisanya adalah Calibri (SearchEngineLand), American Typewriter (Valleywag), Lucida Sans Unicode, Franklin Gothic Medium, Tahoma (TechCrunch) dan tanpa headline sama sekali (Kottke) yang digunakan masing-masing untuk satu blog saja.

Untuk ukuran yang dipakai adalah sebagai berikut :

  • 24% menggunakan 20-22px
    (BoingBoing, PerezHilton, Blogoscoped, Google Blog, TechCrunch, ReadWriteWeb),
  • 22% menggunakan 23-25px
    (CopyBlogger, ProBlogger, Lifehacker, Mashable),
  • 22% menggunakan 17-19px
    (Tuaw, Scobleizer, TreeHugger, A List Apart, Gizmodo),
  • 16% menggunakan 14-16px
    (YankoDesign, Dailykos, ars technica, Seth Godin),
  • 6% menggunakan 26-29px
    (Engadget, GigaOM, Wired, Dooce),
  • 0% menggunakan 10-13px untuk judulnya.

Ya, seperti itulah yang bisa tersampaikan oleh saya. Sekiranya kawan-kawan ingin sekedar bercermin, dipersilahkan bagi yang ingin. Atau jika setelah membaca kemudian lelah, silahkan istirahat sejenak pejamkan mata 2 menit, lalu lanjutkan perjalanan aktifitas kawan-kawan.🙂

55 Komentar leave one →
  1. EbleH 182 permalink
    14 Agustus 2008 8:57 am

    pertama………. yang lae😛

  2. abang permalink
    14 Agustus 2008 9:02 am

    Informasi yang bermanfaat sebagai bekal para desainer web ..

    Thaks Fir …

  3. EbleH 182 permalink
    14 Agustus 2008 9:03 am

    Samapek salah… Sik kang, tak resapi maneh tulisane samean.. Tapi terima kasih infonya..

  4. JoVie permalink
    14 Agustus 2008 9:18 am

    Jovie udah baca dari bukunya Suwandi Chow…

    tapi tulisan Om Firdaus disini lebih lengkap kali yehh…

    Good Posting Sob….
    Ayo…ayo… kerjain PR..

  5. hakimtea permalink
    14 Agustus 2008 9:18 am

    panjang banget dan sangat bermanfaat… mantabs deh🙂

  6. mochal permalink
    14 Agustus 2008 9:57 am

    Ke Enaaamx,
    Di Bookmark dulu ah, bacanya nanti and balik lagi isi komentar yang benar, mau kerja dulu kang F , hehehehehhe

  7. I Ketut Riasmaja permalink
    14 Agustus 2008 9:58 am

    *Heran.. * koq ada aja orang yang mensurvey sampai segitu detilnya ya…

    btw blog saya kayaknya gak masuk kategori.. kalo saya cerminkan cuma ada satu yang nyangkut.. he.he.he..

  8. I Ketut Riasmaja permalink
    14 Agustus 2008 10:01 am

    *satu lagi ketinggalan…*

    Artikelnya panjang boleh saya bookmark ya kang..

    *pasti hasil bertapa sekian lama… he.he.he.. kabuurrr…*

  9. Oeoes permalink
    14 Agustus 2008 10:21 am

    dawane kang, mulai kapan ngetiknya nih, tapi sip nih bermanfaat

  10. tidak perlu kau tahu ya.. permalink
    14 Agustus 2008 12:49 pm

    ooouuu…

    loh mana mana kan saya pesan tempat pertamax…

  11. Mike.... permalink
    14 Agustus 2008 1:04 pm

    waw..baru sekali ini aq baca hasil survey blog2..
    mantap bro..

  12. Abi Bakar permalink
    14 Agustus 2008 2:05 pm

    Wah surveinya detail banget, ketahuan orngnya perfeksionis nih

  13. Kristina Dian Safitry permalink
    14 Agustus 2008 4:10 pm

    cerminku retak. pertanda apakah? *kalo gak nyambung tolong disambung*he..he..

  14. gus permalink
    14 Agustus 2008 5:47 pm

    pertamaxxxxxxlagi. karena angka 13 kemarin jadi rebutan jenny wahid dan Muhaimin (halah ga nyambung…)

  15. Nara permalink
    14 Agustus 2008 5:58 pm

    ck..ck..ck..bener-bener nih kang sangat mendetail sekali posingan yang satu ini..mantabb..jangan-jangan yang survey nih kang firdaus sendiri yah..hehehe..soalnya lengkap dan komplit nie kang..setuju aja deh kang..itu tergantung selera masing-masing dan kebutuhan juga..mana yang lebih diutamakan antar komponen pada template..main wrapper atau sidebar..bahkan footer yah kang..yang jelas..yang penting pas dan komplit..namun yang utama kan postingan kaya kang firdaus ini..ueennaakkk mantebbb..calon blogger paling potensial maju nie ke depannya..sukses kang..:)

  16. uNieQ permalink
    14 Agustus 2008 6:09 pm

    iksss semakin bingung… huhuhuhuhuhuh

    maafkan diriku yang gaptek ini…..

  17. ihsan permalink
    14 Agustus 2008 6:19 pm

    terima kasih banget informasinya….ku jadi bisa belajar banyak niy dari top-blog2 yang ada….

    btw, biar banyak top blog yang ga pake justify, ane tetep lebih suka yang pake justify,lebih rapi keliatannya…

  18. Bayu Aditya permalink
    14 Agustus 2008 10:39 pm

    Bro, analisisnya mantep tuh, makan waktu brp lama tuh?

  19. Adieska permalink
    14 Agustus 2008 10:51 pm

    Wah… Thanks buat ulasannya yang lengkap-kap-kap. Berguna juga buat saya yang masih mencari2 desain blog yang lebih enak dipandang mata kebanyakan orang😀

    Oiya… Mampir kesini setelah baca reviewnya om Gus Semarang Review. Salam kenal om Firdaus😀

  20. subagya permalink
    14 Agustus 2008 10:55 pm

    Yups, im back dan urutan ke 19 heheheheh,
    Kalo ane seeh menurut selera dan kebutuhan , sayang juga kalo banyak kolom yang tidak di manfaatkan (hanya buang-buang space). Jadi disesuaikan dng kebutuhan sobat aja, and btw template bisa di ubah-ubah kok sesuai dengan kemauan kita.
    > To (f) Hweeebat analisisnya. pantes jarang BW niih bertapa tooh ?

  21. subagya permalink
    14 Agustus 2008 10:57 pm

    Haalllaaah jadi ke 20 keduluan adieska, kelamaan menghayati postingan akang (f) neeegh😀

  22. blogspot permalink
    15 Agustus 2008 1:28 am

    keduaaaxxx… anggap saja nol-nya dari nomor 20 *halah ..

    teu apal update uyyy.. maklum lagi ngoprek-ngoprek layout.. asa nyambung pisan info na yeuh .. nuhun ah baraya🙂

  23. Panda permalink
    15 Agustus 2008 2:54 am

    wah.. detail banget

  24. Wahab permalink
    15 Agustus 2008 11:38 am

    Wah kalo lihat design header nya kang firsauz ini…saya mah mau atuhhh…..

  25. papapam traffic permalink
    15 Agustus 2008 12:05 pm

    perlu kecermatan dalam menilai merupakan hal jarang dimiliki oleh banyak orang..salut!

  26. alif permalink
    15 Agustus 2008 5:00 pm

    wah…, kjayaknya bole nih dijadiin acuan ngoprek blog baru….

  27. tyas permalink
    15 Agustus 2008 5:10 pm

    template ku udah bagus kan fir??
    udah kan??
    awas kalo bilang nggak bagus..
    sampe botak nih utak utik html nya..

  28. masenchipz permalink
    15 Agustus 2008 6:37 pm

    oo… ini dari survei smashingmagazine.com toh… btw mantab dech…

  29. Mike.... permalink
    15 Agustus 2008 9:05 pm

    brapa lama buat terjemahinnya bro..hi..hi..

  30. JoVie permalink
    15 Agustus 2008 9:32 pm

    inilah FIRDAUS, temen-temen..kalo gak….
    berarti…….. *dah akh gak jadi diterusin, mau buat bahan review kok, gak boleh dibuka disini..Okay..

    Yoo’aaa…

  31. enhal permalink
    15 Agustus 2008 9:43 pm

    Baru 2 hari saya kenal ro firdaus, namun ilmunya sangat membantu saya, secara tidak lgsg saya mikrin ttg desain blog saya yg ala kadarnya..hehehe maklum lag belajar

  32. firdaus.a permalink
    15 Agustus 2008 10:01 pm

    @EbleH 182 : iya iya.. pertamaxx.. pake plus deh..
    @abang : Makasih bang, kalau mau lebih detil, bisa ke smashingmagazine.com langsung.
    @hakimtea : Iya bang saya aja sampe encok nerjemahinnya.
    @mochal : Siap.. selamat bekerja..
    @I Ketut Riasmaja : ada… *kurrang ajarr.. PUSH Up!!…*
    @Oeoes : malem, pas ngobrol sama situ.. he..he..
    tidak perlu kau tahu ya.. : ouuu… aku juga keduluan sama ebleh ko..
    @Abi Bakar : Iya bi.. namanya juga majalah.. he..he..
    @Kristina Dian Safitry : pertanda harus beli baru mbak… nyambung kok..🙂
    @gus : nomer aja kok pada rebutan.. kaya kita aja ya gus… tapi kita kan rakyat.. bebas kan.. lha itu..
    @Nara : Ya bukan lah.. kalo saya.. bisa butuh waktu 20 tahun,, he..he..
    @uNieQ : kok bingung mbak.. ini cuma hasil survey.. jadi dinikmati aja..🙂
    @ihsan : iya sama saya juga.. tapi aneh juga ya…
    @Bayu Aditya : analisis saya cuma dikit.. sisanya bawaan dari sononya kok..
    @Adieska : salam kenal juga.. iya Gus itu ada2 aja, padahal blog jelek gini ya.. makasih mbak sudah kesini, ya semoga bermanfaat.
    [b]@subagya[/b] : he..he.. keduluan dikit.. makasih mas mochal.. he..he..
    @blogspot : feeling kang… *halah..*
    @Panda : Iya tuh… dasar smashing magazine.. he.he…
    @Wahab : loh kok malah header.. he..h.e. itu kan bikinan templates yang saya edit doang.. he…he.. biar sedikit adem gitu bro..🙂
    @papapam traffic : Iya.. salut juga.. namanya juga majalah bro..
    @alif : Iya bisa.. walau nggak harus persis, tapi sebagai acuan kan mantab juga..
    @tyas : Iya bagus.. bagus… *daripada disodorin lolita*
    @masenchipz : iya mas cip… tapi itu memang kerjaannya mas.
    @Mike…. : Brapa lama yah.. 2 tahun 6 bulan gitu ya… sambil bawa2 kamus Inggris-Indonesia tebel gitu mike..
    @JoVie : Sis.. PRnya.. Ga mauuuu… he..he.. boleh kaann.
    @enhal : sama bro enhal, saya juga kan baru belajar juga..🙂 kalau ada info, saya di kabari juga ya..

  33. utchanovsky permalink
    16 Agustus 2008 12:55 am

    Saya kadang suka bolak-balik ke blog yg emang kontennya bagus. Kadang saya gak bgtu merhatiin templatenya gimana ( emang ga punya jiwa seni sih😀 )

    Btw nico info bro

  34. PenCuri Kode permalink
    16 Agustus 2008 3:29 am

    waduh gimana ya saya juga masih bingung nih bang😀

  35. Ani permalink
    16 Agustus 2008 6:35 am

    Panjang sekali ulasannya mas, tapi sangat bermanfaat, menambah informasi, dan bisa dijadikan salah satu bahan pemikiran ttg blog

  36. afithk permalink
    16 Agustus 2008 10:08 am

    template saya jg br diganti😀

  37. Aan Burhany permalink
    16 Agustus 2008 10:22 am

    Walah.. Soal cermin juga ya mas..
    Yuk kita bikin GERAKAN BERCERMIN NASIONAL!
    Hehehe..

  38. Lyla permalink
    16 Agustus 2008 4:15 pm

    wah mas firdaus posting ini pasti karena templet saya yang ruwet dan saya bilang kalo saya udah suka dengan templetku ya??? kan pernah tuh aku minta tolong ajarin bikin no.urut dan scriptku ternyata ruwet, mas firdaus nyuruh ganti templet tapi saya bilang dah jatuh cinta ma templetku…

  39. cena permalink
    16 Agustus 2008 7:23 pm

    wow…what a great tips…thank u kk…
    sekalian cena link yaaa
    salam kenal

  40. Gelandangan permalink
    16 Agustus 2008 9:17 pm

    wahhhh informasi yang bagus mas
    sukses selalu

  41. tyas permalink
    16 Agustus 2008 11:24 pm

    nhaaa.. gitu dong.. memuji bloge mbake kan dapet pahala, bikin mbake seneng..
    krn km udah baik hati, mbake kasih hadiah jalan2 bersama lolita yaaa.. hehe..

  42. wendra wijaya permalink
    16 Agustus 2008 11:40 pm

    Wah tipsnya bagus banget nie…

    salam..

  43. NAZA LUCKZANA permalink
    17 Agustus 2008 2:45 am

    benar sekali kata prof kita ini caca juga buat warna seperti warna bendera kita karena caca ingin punya jiwa indonesia… merdekaaaaaaa

  44. aulia kausar permalink
    17 Agustus 2008 4:43 am

    wahh!!
    posting yg sangat membatuu!!
    terima kasiih ya mas!!

  45. firdaus.a permalink
    17 Agustus 2008 9:15 am

    @utchanovsky : iya sih, memang yang terpeting itu kontennya. Desain pendukung saja.
    @PenCuri Kode : Loh kang noval bingungnya dimananya.. he..he.. tulisan saya emang ruwet yak.. :p
    @Ani : Semoga mbak, untuk bahan pertimbangan aja..
    @afithk : horeee… udah liat kok.. :p
    @Aan Burhany : GBN ya.. boleh juga mas.. tapi nanti yang nyediain cermin sebanyak 20 juta lebih siapa mas..😛
    @Lyla : *iya nih..* he..he.. enggak lah, kan ini cuma share informasi aja mbak.. tapi memang disarankan ganti sih.. he..h.e.
    @cena : salam kenal juga cena.. makasih ya.. sudah mampir..🙂
    @Gelandangan : makasih mas.. sukses juga mas gelandangan.
    @tyas : Iya… gak perlu.. udah ajak jalan2 sendiri aja deh.. *kaburrrr*
    @wendra wijaya : Salam.. makasih… tuh majalah emang oke lah..🙂
    @NAZA LUCKZANA : Siap.. MERDEKAA…. Siapa prof.nya mbak?..
    @aulia kausar : Sama-sama mbakyu… tapi postingnya kok dibilang memBATU ya.. he..he..

  46. Ade Sanusi permalink
    17 Agustus 2008 9:35 am

    Mas baru masuk lagi Nih ke Blog Ini….. Makasih banyak nih…. Postingannya, Sangat membantu saya Nih…. Yang NEWBE dalam hal desaian blog…. soalnya masih berantakan dan serasa ada yang gak pas

  47. Supermance permalink
    17 Agustus 2008 1:50 pm

    wis, lengkap nya top markotop banget neh mas🙂

    wah ternyata sama2 penggemar smaashingmagazine juga kite🙂

  48. Daniel GM permalink
    19 Agustus 2008 10:23 pm

    wah… lengkap banget pembahasannya… niat banget postingannya rapi banget bahasanya keren banget blogna…he he…

  49. Hendrawan permalink
    21 Agustus 2008 10:19 am

    ide bagus, tapi di wordpress (com) dengan PHP-nya yg ribet, sulit diotak-atik..

  50. ifnul permalink
    21 Agustus 2008 11:35 am

    Cermin sudah punya..
    wajah sudah terlihat..
    tapi tak tau bagaimana cara berias diri..
    malangnya diriku..😦

  51. JoVie permalink
    22 Agustus 2008 6:23 pm

    Mau ngecek PR…hihiks…

  52. firdaus.a permalink
    23 Agustus 2008 6:13 pm

    @Ade Sanusi : he..he.. bro ade bisa ajah.. sama-sama kan bro ini juga template abal-abal saya.. semangat bro..
    @Supermance : Iya.. mas, makanya kemaren pas sempet mati server dia, kelabakan juga.. he..he..
    @Daniel GM : kalo gak niat, nanti gak jadi2 belajarnya mas daniel he..he.. makasih ya..
    @Hendrawan : memang bro, lebih butuh kesabaran lagi.. semangat ya bro.. memang kalau wp.com ada keterbatasan, tapi jangan lupa, kelebihannya juga seabrek. :p
    @ifnul : Pintu terbuka nul.. buat ifnul apa sih yang enggak ..🙂
    @JoVie : waduh sis.. belum.. he..he.. :p

  53. Revarius permalink
    29 September 2008 11:22 am

    aku baca seri dua nya jadi penasaran pengen baca yang ini… tp berhubung waktu jadi terpaksa aq save dulu halaman ini buat di baca di rumah… btw aq suka nih ama 2 seri artikelnya firdaus… komplet banget.. hehehe bener loh yang di review in jovie hehehehe

  54. tidak perlu kau tahu ya.. permalink
    30 September 2008 10:53 pm

    kejar setoran…

    eh maap lagi lagi.. maap…

  55. firdaus.a permalink
    14 Desember 2008 2:10 am

    @Revarius : Thanks.. semoga bermanfaat.. sama-sama belajar aja kita..🙂

    @tidak perlu kau tahu ya : tahuuuu…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: