Skip to content

10 Kebohongan paling sering ditemui di Internet

14 Juni 2008
tags:
Sudah sering kita jumpai di WEB. Penggunaan kata yang seringkali di ‘anugerahi’ makna yang ‘sedikit’ berbeda, dengan ‘sedikit’ proses manipulasi. Sejauh ini kitapun terkadang sadar bahwa pemilihan kata dalam berbahasa, ternyata semakin memburuk dari hari ke hari. Bahkan sudah banyak dijumpai di televisi lewat iklan-iklannya?. Entah mana yang lebih dulu memulai kebiasaan ini.

Kata-kata yang sedemikian mudah meluncur dari bibir penyedia layanan di internet, entah jasa atau barang sekalipun, sering “memelintir” kata atau istilah yang oleh kita -tentu saja, akan diartikan secara tekstual yaitu dengan arti kata yang memang sudah lazim kita pergunakan.

Ketika kita bicara value atau nilai, maka seharusnya, penggunaan sebuah kata harus memenuhi seluruh keadaan dalam pokok pembicaraan. Sebagai contoh kita mulai dengan meninjau kata “SEKOLAH GRATIS”. Kata tersebut akan mencakup makna “SEKOLAH TANPA BIAYA ADMINISTRASI APAPUN SAMPAI KAPANPUN”. Tapi pihak sekolah juga berhak memaknainya dengan “SEKOLAH TANPA BIAYA ADMINISTRASI APAPUN SAMPAI KAPANPUN ASALKAN BERPRESTASI”. Syarat “ASALKAN BERPRESTASI” disini boleh dijadikan embel-embel, karena syarat tersebut berada diluar lingkup value/nilai tadi.

Berikut ini adalah tulisan seseorang mengenai kebohongan yang sering kita jumpai di internet yang saya terjemahkan dari posting aslinya di seo2.0.onreact.com :

Apakah pernah terfikir bahwa di WEB, seringkali sebuah kata tidak merujuk pada arti yang sudah kita kenal di kehidupan sehari-hari? Beberapa kosakata atau istilah malah seringkali tidak merefleksikan arti yang sebenarnya, tapi anehnya, kita masih saja belum percaya, jika belum mencoba (atau ‘terkena’ akibatnya).

Untuk membuat kita lebih melek-web [tidak terlalu canggung dengan web], berikut 10 daftar kebohongan paling sering kita temui di internet. Mungkin kata-kata ini kita temui tapi ternyata kita belum sadar. Tajamkan pandangan mata dan kencangkan sabuk pengaman :D Untuk memudahkan, sekaligus akan ditulis juga terjemahannya supaya kita tidak terlalu bingung apa sebenarnya yang dimaksud.

  1. Coming soon : Belum tahu kapan, mungkin tidak akan pernah terjadi.
  2. Free : Silahkan anda gunakan sekarang, dan akan kami buat anda membayarnya nanti disaat anda sudah sangat bergantung padanya.
  3. No strings attached : Kami tahu anda tidak mempercayai kami untuk sebuah alasan bagus.
  4. Copyright 2008 : Situs ini bisa jadi sudah tidak lagi di kelola hanya saja terdapat script-program yang terus meng-update angka tahun dibelakang kata ‘copyright’
  5. Interesting photos : Gambar curian. Hanya saja Kami tidak tahu apa yang membuat gambar itu begitu terkenal dimana-mana sampai-sampai disebut “interesting”.
  6. Make money online : Klik iklan kami dan kami akan mendapat keuntungan dari jaringan yang akan anda buat nanti.
  7. Privacy : Kami hanya menggunakan data anda untuk keperluan iklan saja, tapi jika nanti NSA, CIA, FBI, GOP, DIY menanyakannya pada kami atau suatu waktu sebuah perusahaan membelinya dari kami, maka akan kami berikan database pengguna kami.
  8. Click here : Kami tahu anda adalah orang bodoh yang tidak tahu bagaimana cara internet bekerja.
  9. Is now Open Source : Kami buat supaya orang lain bekerja untuk perusahaan ini tanpa upah tapi kemudian nanti akan kami hasilkan uang dengan menjualnya kembali.
  10. Social : Ini akan mengubah kehidupan sosial anda yang sesugguhnya menjadi permainan komputer virtual. [anda tentu tahu “The Sim*”]

#PS:

  • dengan tambahan beberapa kata dan istilah yang dirasa cukup mewakili terjemahan bahasa aslinya ke dalam bahasa Indonesia.
  • kata dalam “quote” (ditandai oleh garis biru di sebelah kiri) adalah terjemahan yang bisa Anda rujuk langsung di halaman aslinya. Selainnya, adalah tanggung jawab saya.

Oya.. Ini “surat ijin” translate bahasa dari yang punya.

Artikel ini juga dipublikasikan di eosmate.blogspot.com pada artikel 10 Kebohongan paling sering ditemui di Internet

About these ads
14 Komentar leave one →
  1. semuasayangeko permalink
    19 Juni 2008 3:24 am

    mas.. taw gag caranya nyari alamat web dengan ip..
    begini ceritanya.. saya menemukan sebuah ip yg sedang di bowse oleh tetangga niyhh.. nah pengen tahu itu ip ke web apa gtu.. kalo taw kasiy taw.. kalo gag taw cari taw…

  2. firdaus.a] permalink
    19 Juni 2008 9:37 am

    ga tau…. :)

    tapi mungkin, ini bisa. dicoba dulu mas, kalau gak ketemu juga, kita cari lagi.

    [remote.12dt.com/lookup.php], [www.domaintools.com/reverse-ip/], [www.ipchecking.com/], [www.mse.co.jp/ip_domain/index_e.shtml], [www.netchain.com/whois/].

  3. semuasayangeko permalink
    19 Juni 2008 1:21 pm

    bisa bisa.. pinter juga kamu ya…
    hehehehe.. anak2 fisika mah pinter pinter ya…

  4. semuasayangeko permalink
    19 Juni 2008 1:25 pm

    btw ijin translatenya itu pamer ya… sombong baru bisa bahasa inggris segitu ajah.. coba kamu translatetin buku BOAS baru boleh pamer.. hehehehee

  5. JoVie permalink
    18 Juli 2008 5:37 am

    Bagus juga nih “10 kebohongan di internet” kok bisa2nya kamu melayang sampai ke sana??

    Btw, Kamu jujur banget yah Sob..sampai minta izin 2x sama si Pemilik, padahal gw never minta ijin kalo translate karena mgkn mereka jg akan m’jwb sprt yang “onreact” jawab yang penting kita ngasih backlink…(jadi malu nih, perlu dtiru juga kejujuranmu)

  6. firdaus.a permalink
    19 Juli 2008 2:58 am

    @JoVie : He..he.. orang desa Jov saya.. mau apa-apa sungkan kayanya.. :)

  7. Syamsul Alam permalink
    14 September 2008 4:53 pm

    Hari ini saya di rekomendasikan sama mbak Jovie untuk kesini…. betul kata mbak Jovie, saya nggak pernah masuk ke blog yang sepuitis ini… Saya terkesan dengan anda dan cara anda berbicara…

    Semoga kita bisa menjadi teman baik, mas Firdaus… Salam Kenal…

  8. Anonymous permalink
    21 September 2008 3:16 pm

    bos..passwoed email gw dijebol org dkt…jd dia tahu isis email gw…
    sewot gak tuh…apa ada cara protect our email….
    sory…melenceng dr topik….namanya jg usaha…

  9. firdaus.a permalink
    29 September 2008 3:44 am

    @Syamsul Alam : Waduh mas.. puitis ala saya aja ini mah.. he..he.. bisa jadi bukan puitis yang sebenarnya.. salam kenal ..

    @Anonim : Cara terbaik menjaga password adalah.. menjaganya bro… maksudnya, gunakan password yang kuat (gabungan huruf, angka, simbol).. Kalu sudah terbobol, mungkin kita hanya bisa menyesal.. kalu passwordnya masih sama, dan masih bisa diakses, lebih baik sekarang diganti langsung bro… dan simpan baik-baik.. OK. Maaf jika kurang mendetail.. Mungkin kalau PM kita bisa bicara lebih banyak..

  10. Your Admirer permalink
    10 Oktober 2008 2:29 pm

    Kamu pinter kok nggak dari dulu.

  11. wiswa permalink
    25 Februari 2009 3:12 pm

    wah,,,ada2 aja,, postingannya unik,,

  12. Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 permalink
    7 Maret 2009 3:56 am

    identitas pengguna internet banyak yg palsu juga yak xixii

  13. 20 Juli 2009 5:50 pm

    bener sekali saya malah udah 2 kali ketemu membeli produk yang mutunya gak memuaskan tapi pelajaran nya adalah semkin muluk2 imingnya makin perlu dicurigai tawaran produknya

  14. 4 Agustus 2009 4:02 pm

    internet emang info dan semua yang didalamnya bener2 overload tergantung pandai-pandai kita memilih mana yang tepat untuk kita

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: